Sunday, November 4, 2007

It's a Real PDA!



Masih ingat PDA Phone Xplore G88 & G18? Produk dari Fifth Media ini pernah menghebohkan dunia perponselan Jakarta dengan taglinenya "Not Just a Smart Phone... It's a Real PDA!".

Pada masa itu orang memang lagi senang senangnya dengan yang namanya smartphone. Artinya telepon yang pintar, ada game, ada kamera, ada organiser, ada pemutar musik, dan sebagainya. Kalau jaman sekarang sih, telepon yang harganya gak nyampe cetiaw aja juga udah smart.

Klaim "It's a Real PDA!" itu sih menurut saya terlalu berlebihan khususnya bagi pengguna sejati PDA. Xplore G18 & G88 menggunakan Palm OS versi 4. Padahal jaman itu sudah ada versi 5 bahkan 6. Tapi dibilang bohong juga nggak. Karena ponsel itu memang bisa digunakan sebagai PDA.

Jadi buat yang pengguna pemula PDA, Xplore G18 & G88 cukup bisa memenuhi hasratnya untuk memiliki smartphone (walaupun dengan kamera beresolusi rendah) sekaligus PDA 'kembaran' Palm Top. Terbukti dengan begitu tingginya permintaan akan produk tersebut. Saking tingginya, pihak Fifth Media Indonesia kewalahan menangani keluhan konsumen. Keluhan?

Ya! Produk itu sering hang, bo! Yah, anda yang mengikuti perkembangan ponsel pasti sudah tahu mengenai hal tersebut. Fifth Media Indonesia sendiri sampai saat ini tidak diketahui rimbanya.


Tapi paling tidak, saya berhasil membantu membuat produk ini laku di pasaran. Konsep kreatif saya simpel. Yang penting di benak konsumen, produk ini canggih, produk impor (dari Taiwan, sih), dan lebih hebat dari smartphone. Tugas saya pun selesai.

Memang, keberhasilan pemasaran tidak lain juga dikarenakan produknya begitu imut dan seksi. Jadi orang percaya bahwa produk ini canggih. Strategi yang disusun oleh Marketing Manager Fith Media Indonesia, Nikolas Chandra, untuk menembak pengguna pemula PDA sudah tepat. Dan saya hanya membantu mengaktualisasikan dan menginterpretasikannya melalui komunikasi visual.





No comments:

Post a Comment